Monday, September 20, 2004

PEMERINTAH BELUM LARANG BUKU KARYA IMAM SAMUDRA


Pemerintah kemungkinan bakal melarang buku karangan Imam Samudra yang berjudul Aku Melawan Teroris. Buku setebal 280 halaman itu dapat dianggap mencitrakan Indonesia sebagai sarang teroris.
Hari Sabarno



JAKARTA--MIOL: Pemerintah belum akan melarang peredaran buku Aku Melawan Teroris yang ditulis oleh Imam Samudra sebelum dilakukan pengkajian mendalam atas isi buku tersebut oleh Kejaksaan Agung.

Dalam buku yang ia tulis, Imam Samudra mengajak umat Islam membenci negara-negara Barat seperti Amerika dan Australia, sekaligus membenarkan tindakan terorisme seperti peledakan bom di Kedubes Australia, Kamis (9/9).

"Dalam era demokratisasi, masalah kebebasan berpendapat harus juga dijaga sedemikian rupa agar kebebasan itu bukan tanpa batas. Oleh karena itu perlu dilakukan penilaian terhadap buku tersebut, sejauh mana buku tersebut mempengaruhi masyarakat," kata Menko Polkam ad interim Hari Sabarno, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Lagi pula, kata Menko Polkam, buku tersebut juga sangat subyektif yang ditulis oleh seorang teroris.

"Kita tetap akan menyikapi buku tersebut dengan hati-hati agar dunia internasional tidak menganggap negeri kita sebagai sarang teroris," katanya. (Ant/O-2)

  • Buku Karangan Imam Samudra Terancam Dilarang
  • [Aku Melawan Teroris]
  • No comments: